Tips SehatQ.com, Wajib Jaga Sistem Kekebalan Tubuh dengan Konsumsi 5 Makanan ini

  • Whatsapp

Selama masa pandemi corona, orang-orang rentan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh disebabkan berbagai faktor seperti konsumsi makanan kurang sehat, tidak bisa olahraga, stress, dan lain-lain. Padahal tingkat kekebalan tubuh sangat diperlukan saat Anda menjalani masa isolasi diri di rumah. Pembatasan aktivitas fisik di luar ruangan wajib diperhatikan guna menekan angka penyebaran virus corona lewat droplet. Ada baiknya Anda memperhatikan saran SehatQ.com untuk mengkonsumsi makanan yang efektif tingkatkan sistem imun.

Read More

5 makanan yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh

Pola hidup sehat lewat konsumsi makanan yang bergizi merupakan cara paling efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda memiliki riwayat atau kondisi penyakit tertentu, sebaiknya tanya dokter atau ahli gizi tentang makanan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Apalagi masa pandemi yang tidak kunjung berakhir sehingga Anda tetap perlu memperhatikan kesehatan diri dan keluarga.

SehatQ.com merekomendasikan 5 jenis makanan yang terbukti bisa meningkatkan sistem imun antara lain:

1. Cabai

Sensasi pedas pada cabai ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Cabai mengandung zat capsaicin yang bersifat anti inflamasi dan anti peradangan yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Namun, Anda harus tetap mengkonsumsi cabai dalam jumlah wajar agar tidak alami masalah asam lambung dan pencernaan.

2. Lemon

Siapa yang tidak tahu khasiat lemon yang kaya vitamin C untuk menjaga kekebalan tubuh? Sebaiknya Anda menyiapkan stok lemon di rumah selama masa pandemi, ya! Tak hanya kaya vitamin C saja, lemon mengandung senyawa bio-flavonoid yang bisa melawan radikal bebas. Anda bisa mengkonsumsi lemon dalam bentuk minuman hangat, dingin atau menjadi penambah bumbu masakan yang lezat.

3. Apel

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada apel bisa menangkal radikal bebas yang sebabkan masalah kesehatan fisik Anda. Tak hanya kaya flavonoid, apel memiliki serat tinggi yang baik untuk metabolisme tubuh. Apel juga bisa menjadi buah pengganjal rasa lapar lebih lama dan cocok untuk Anda yang ingin menjaga berat badan tetap ideal selama masa #DirumahAja.

4. Sup ayam

Gejala awal virus corona yang banyak dirasakan oleh penderita adalah pilek atau masalah pernapasan yang lain. Virus corona merupakan jenis healing disease atau penyakit yang disebabkan oleh virus sehingga bisa sembuh sendiri asal penderita tidak memiliki riwayat penyakit kronis.

Jika Anda tengah menjalani masa isolasi mandiri sebab melakukan kontak atau bepergian dari daerah endemis, sebaiknya jaga pola makan dan gaya hidup sehat selama karantina. Pilih menu makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti sup ayam. Pasalnya, sup ayam memiliki kaldu hangat yang bisa menipiskan lendir hidung. Tambahkan bahan makanan yang mengandung nutrisi lain seperti sayuran pada sup ayam favorit.

5. Jahe

Konsumsi minuman hangat yang dilengkapi dengan rempah bisa membuat tubuh Anda lebih kebal dari risiko penyakit. Pilih jahe yang mengandung antioksidan dan anti inflamasi sehingga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi perubahan cuaca yang rentan mengakibatkan tubuh alami penurunan sistem kekebalan tubuh. Teh jahe juga bisa mengatasi perut yang kembung, masuk angin dan mual.

Beberapa rekomendasi makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh di atas bisa Anda coba sendiri di rumah. Konsultasikan kesehatan Anda selama masa pandemi dengan chat dokter gratis di SehatQ.com, ya! Kalau tidak perlu ke rumah sakit, sebaiknya Anda menghindari bepergian ke tempat yang berpotensi menularkan virus corona. Jika butuh suplemen atau vitamin pendukung, Anda bisa membeli kebutuhan obat-obatan di toko SehatQ yang lebih praktis dan aman. Pesanan Anda akan langsung dikirim kurir ke rumah, lho!

Yuk, jaga kesehatan Anda selama masa pandemi dengan konsumsi makanan sehat! Tanya dokter bisa Anda manfaatkan untuk melakukan perawatan dan penanganan sakit ringan atau sedang di rumah saja.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *