Skema Preminya Beragam, Ini Macam-Macam Asuransi Kesehatan

  • Whatsapp

Asuransi kesehatan merupakan solusi bagi Anda yang tak ingin terbebani nantinya dengan biaya perawatan yang membengkak. Asuransi kesehatan akan menjamin biaya perawatan, jika sekiranya kliennya dirawat di rumah sakit. Perlindungan dan besarnya jaminan yang diberikan, tentu saja disesuaikan dengan premi asuransi. Berikut macam-macam asuransi kesehatan yang bisa Anda pilih.

Read More

1. Asuransi Kesehatan Berdasarkan Jenis Perawatan

Berdasarkan jenis perawatannya, asuransi kesehatan bisa dibagi menjadi dua jenis yaitu asuransi kesehatan rawat inap dan asuransi kesehatan rawat jalan. Khusus untuk asuransi kesehatan rawat inap, pihak asuransi kesehatan akan menjamin biaya perawatan selama pasien menjalani rawat inap di rumah sakit.

Selanjutnya adalah asuransi kesehatan rawat jalan. Asuransi kesehatan ini hanya akan menjamin biaya perawatan jalan pasien. Jadi, biaya yang akan ditanggung oleh asuransi misalnya seperti biaya pengecekan darah atau cairan di laboratorium, rehabilitasi, dan lainnya. Jika sekiranya pasien harusnya dirawat inapkan di rumah sakit, maka pihak asuransi tak akan memberikan jaminan.

2. Asuransi Kesehatan Berdasarkan Tanggungannya

Asuransi kesehatan juga bisa dibedakan berdasarkan tanggungannya. Ada asuransi kesehatan yang hanya menjamin perawatan untuk satu orang saja, serta ada yang menjamin perawatan kesehatan satu kelompok. Tentu saja, semakin banyak orang yang tergabung dalam kelompok tersebut, maka akan semakin tinggi preminya. Asuransi kesehatan kelompok ini umumnya dipakai di sebuah perusahaan.

3. Asuransi Kesehatan Berdasarkan Cara Pembayaran Klaim

Salah satu pertimbangan orang dalam memilih asuransi kesehatan adalah mudah atau tidaknya prosedur klaimnya. Asuransi kesehatan sendiri bisa dibedakan menjadi dua sesuai dengan cara pembayaran klaimnya, yaitu cashless atau reimburse. Dengan sistem cashless, Anda hanya perlu menunjukkan kartu keanggotaan asuransi dan tak perlu melakukan pembayaran kesehatan di muka.

Berbeda dengan sistem cashless, asuransi kesehatan bersistem reimburse mewajibkan kliennya membayar biaya perawatan terlebih dahulu. Setelah perawatan di rumah sakit selesai, barulah klien bisa mengajukan klaim atau penggantian dana perawatan tersebut. Walau terasa tak terlalu praktis seperti sistem cashless, sistem reimburse ini menawarkan premi yang lebih rendah, loh!

Itulah tadi macam-macam asuransi kesehatan yang dibedakan berdasarkan jenis perawatan, tanggungan, serta sistem pembayaran klaimnya. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda tak perlu memusingkan lagi biaya perawatan di rumah sakit jika sekiranya harus dirawat inap atau rawat jalan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *