Mengenal Jenis – Jenis Serta Penjelasan Lengkap Mengenai Kegiatan Gotong Royong

gotong royong,gotong royong adalah,gotong royong termasuk sila ke,gotong royong mencerminkan sila,gotong royong sila ke,pengertian gotong royong

Gotong royong merupakan kegiatan bekerja bersama yang biasa dilakukan di lingkungan masyarakat maupun didalam suatu komunitas tertentu. Biasanya gotong royong ini dilakukan agar pekerjaan yang ada cepat selesai dan hal yang harus dikerjakan pun akan menjadi lebih ringan. Tapi tahukan anda ada berapa jenis gotong royong dan jelaskan tentang asal mula dan sejarah dari gotong royong ini.

Read More

Menurut sejarah yang tercatat kegiatan gotong royong ini sudah ada sejak zaman dahulu bahkan sudah menjadi tradisi bagi orang Indonesia. Merujuk kepada sila Indonesia yang ketiga yakni “Persatuan Indonesia” dimana semua hal yang bisa dilakukan bersama maka akan dilakukan bersama agar pekerjaan tersebut menjadi lebih mudah tanpa memandang status, agama, dll dari orang yang terlibat.

Jika dilihat berdasarkan pengertian atau istilah yang ada, gotong royong ini merupaka kegiatan yang dilakukan secara bersama – sama dan semua kegiatan dilakukan dengan sukarela. Biasanya kita sering menemukan kegiatan gotong royong ini di lingkungan masyarakat seperti membersihkan lapangan atau memperbaiki infrastruktur yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal kita.

Kebiasaan gotong royong ini menjadi warisan asli Indonesia yang patut untuk dipertahankan karena ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan gotong royong ini. Selain itu kegiatan gotong royong ini juga bisa membuat kesadaran orang – orang di sekitar dan setiap elemen masyarakat menjadi lebih tajam. Karena itulah yang menjadi ciri khas orang Indonesia dimana melakukan semuanya bersama.

  • Berikut ini beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari kegiatan gotong royong yang biasa dilakukan di lingkungan masyarakat:
  • Membangun hubungan sosial yang bai kantar masyarakat sekitar yang ada di lingkungan kita.
  • Menciptakan rasa kebersamaan dan rasa saling memiliki diantara lingkungan sekitar
  • Menumbuhkan rasa saling dan juga kepedulian untuk saling tolong menolong kepada siapapun yang ada di sekitar kita.
  • Memperat tali silaturahmi
  • Mempercepat pekerjaan dan juga meringankan beban pekerjaan seseorang dengan bekerja bersama.
  • Menciptakan ketentraman dan kedamaian yang ada di lingkungan sekitar kita.
  • Menghilangkang rasa perbedaan yang biasa muncul saat kita hidup berdampingan dengan seseorang.

Jadi dari manfaat – manfaat diatas kita bisa mengetahui bahwa tujuan diadakannya gotong royong ini sangatlah baik. Kita bisa belajar dan memaknai tentang kebersamaan, persatuan, sifat rela berkorban, rasa tolong menolong, dan juga jiwa bersosialisasi kita dengan orang yang ada di lingkungan sekitar kita.

Selain hal penjelasan mengenai tujuan dan manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan gotong royong tersebut. Ternyata masih ada hal lain yang bisa ketahui dari gotong royong yakni jenis – jenis gotong royong. Berikut ini beberapa jenis gotong royong yang ada di masyarakat:

– Kerja Bakti

Kerja bakti ini merupakan sebuah kegiatan bersama yang biasa dilakukan dalam suatu lingkungan untuk menumbuhkan rasa saling memiliki dan juga saling peduli. Contoh kerja bakti adalah membersihkan lingkungan rumah bersama dengan tetangga sekitar.

– Panen Raya

Panen raya ini juga merupakan salah satu bentuk gotong royong yang biasanya dilakukan di lingkungan yang dekat dengan perkebunan atau persawahan. Biasanya saat ada tetangga yang panen maka tetangga yang lain bisa membantu mengambil hasil panen tersebut agar pekerjaan menjadi lebih ringan.

– Musyawarah

– Musyawarah juga merupakan salah satu bentuk gotong royong, hanya saja tidak ada pekerjaan yang dilakukan. Pada musyawarah ini semua yang terlibat bekerja sama untuk mendapatkan kesepakatan bersama yang disetujui oleh semua pihak agar mencapai kata mufakat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.