Mengenal Distribusi Ekspor Impor Jalur Laut di Malaysia

  • Whatsapp

Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman hayati yang cukup potensial karena memiliki wilayah yang membentang berupa lautan dan daratan. Tak heran kalau banyak SDA Indonesia yang diekspor ke negara lain dalam bentuk mentah atau produk jadi. Sebagai negara yang berbatasan langsung, Malaysia dan Indonesia memiliki hubungan ekonomi yang positif. Jasa kirim barang ke Malaysia terus mendistribusikan barang ekspor Indonesia seperti batu bara, minyak sawit, produk pakaian, dan lain-lain.

Read More

4 akses distribusi laut di Malaysia

Ada berbagai produk ekspor yang dikirim lewat udara dengan batasan muatan yang lebih kecil. Malaysia sendiri memiliki beberapa bandara besar seperti Sepang, Kedah, Kuching, Pulau Pinang, dan masih banyak lagi. Namun, ekspor impor yang memiliki muatan besar menggunakan distribusi laut yang lebih efektif. Berikut 5 akses distribusi laut yang dilewati jasa kirim barang ke Malaysia dalam jumlah besar yaitu :

1. Pelabuhan Klang

Merupakan akses distribusi laut paling besar di Malaysia yang berada di Selangor. Pelabuhan paling besar ini menaungi beberapa pelabuhan yang lebih kecil yaitu Pelabuhan Utara, Pelabuhan Selatan dan Pelabuhan Barat dengan pelayanan menuju ke berbagai daerah lebih lengkap. Tak heran Pelabuhan Klang atau Port Klang yang dibangun sejak masa kolonialisme pada abad ke-18 menduduki peringkat pelabuhan terbaik nomor 11 pada tahun 2012 lalu.

2. Pelabuhan Johor

Pelabuhan Johor adalah pelabuhan pertama yang ada di Malaysia sejak tahun 1977, tepatnya berada di Pasir Gudang. Perdagangan menggunakan bea cukai berlaku untuk produk yang diperdagangkan ke pasar lokal di Malaysia.

3. Pelabuhan Tanjung Pelepas

Merupakan pelabuhan yang berada di Iskandar Puteri, Distrik Johor Baru yang menangani pengiriman barang ekspor impor ke negara tersebut. Ada banyak kontainer yang masuk ke pelabuhan yang bekerja sama dengan pelabuhan di Singapura ini. Pelabuhan Tanjung Pelepas memiliki fasilitas yang cukup mumpuni yaitu fasilitas dermaga sepanjang 5.080 meter dengan 14 tempat labuh kapal besar.

4. Pelabuhan Kuantan

Jasa kirim barang ke Malaysia bisa mendistribusikan paket ekspor menuju ke Pelabuhan Kuantan yang berlokasi di utara kota Kuantan kira-kira 25 kilometer, timur Pantai Pahang. Pelabuhan yang telah dibangun sejak 1998 masih aktif berfungsi sebagai tempat menangani berbagai kiriman kargo dari berbagai penjuru. Pelabuhan ini dikendalikan oleh Kuantan Port Consortium Sdn Bhd yang menangani lebih dari 10 juta metrik ton kargo pada tahun 2006 lalu.

Empat pelabuhan utama yang menangani jasa kargo di Malaysia merupakan akses distribusi kontainer ekspor impor antar negara. Jasa kirim barang ke Malaysia siap mendistribusikan paket Anda dalam muatan besar menuju ke negeri Jiran dengan aman. Anda bisa mengirimkan paket kargo dengan harga yang terjangkau, kenapa tidak? Yuk, mulai kembangkan bisnis Anda semakin besar dengan ekspansi ke negara regional hingga seluruh dunia!

Sumber

  • https://blog.qelola.com/port-klang-pelabuhan-di-malaysia/
  • https://www.beritakapal.com/yuk-tengok-perbandingan-fasilitas-pelabuhan-di-psa-tanjung-pelepas-priok/
  • https://oceanweek.co.id/2018-tanjung-pelepas-yakin-mampu-hendle-9-juta-teus/
  • https://misterexportir.com/komoditas-ekspor-impor-malaysia/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *