Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Smartphone?

  • Whatsapp
kapan-waktu-yang-tepat-untuk-ganti-smartphone
Foto: canva.com pro

Sama seperti barang elektronik lainnya, smartphone juga memiliki umur pakai terbatas. Mungkin Anda merasa terlalu nyaman dengan smartphone yang sekarang. Namun Anda tak sadar bahwa ada beberapa hal yang menandakan smartphone tersebut sedang tidak baik-baik saja. Smartphone yang fungsinya tidak lagi maksimal sebaiknya Anda ganti dengan HP Samsung baru.

Sebelum memutuskan untuk membeli yang baru, Anda perlu mengecek sejumlah hal terlebih dahulu. Anda perlu memeriksa setiap detail yang ada pada smartphone tersebut. Lihat faktor-faktor apa saja yang harus Anda periksa pada smartphone sebelum menggantinya dengan yang baru.

Read More

 

1. Baterai Cepat Kosong

Hal pertama yang harus dipastikan perlu atau tidaknya mengganti smartphone adalah kondisi baterai. Jika baterai cepat habis, maka Anda patut khawatir tentang keadaan smartphone tersebut. Baterai yang sudah bobrok biasanya cepat kosong sekalipun baru diisi dayanya. Untuk kasus yang lebih parah, smartphone tiba-tiba mati sehabis di-charge. Saat kondisi baterai tidak memungkinkan, Anda perlu segera membeli yang baru.

 

2. Layar Display Rusak

Faktor selanjutnya yang membuat Anda perlu ganti smartphone adalah layarnya. Jika layar display smartphone Anda mengalami keretakan parah, sebaiknya mengganti dengan yang baru. Karena menggunakan smartphone dengan layar yang retak tentu saja tidak nyaman. Bahkan layar yang retak bisa saja akan menyebabkan luka pada jari Anda.

 

3. Performa Lemot

Semakin lama umur smartphone, maka performanya semakin melambat. Hal ini juga akan mempengaruhi pergerakan smartphone saat dijalankan. Untuk kasus ringan, Anda bisa melakukan restart atau reset. Namun jika sudah di-restart ataupun di-reset masih saja lemot, Anda harus segera menggantinya dengan smartphone baru. Karena memiliki smartphone yang super lemot tentu saja akan tidak efektif saat digunakan.

 

4. Kamera Sudah Kuno

Di era media sosial ini, berfoto lewat smartphone menjadi kebutuhan penggunanya. Para pengguna smartphone lebih sering mengambil foto untuk diposting maupun dikirim melalui media sosial. Sehingga, kegiatan ini perlu didukung oleh kamera dengan spesifikasi mumpuni. Jika smartphone Anda masih memiliki kualitas rendah, ada baiknya untuk membeli yang baru. Sehingga hasil foto dan video tidak kalah dengan yang lainnya.

 

5. Tidak Bisa Akses 4G

Kebanyakan smartphone di era digital ini sudah mendapat dukungan 4G ke atas. Sehingga, kecepatan internet di bawah 3G terasa sangat lambat dan kuno. Oleh sebab itu, Anda perlu mengganti smartphone yang sudah support 4G misalnya HP Samsung. Dengan demikian Anda dapat mengakses internet lebih cepat. Bahkan Anda bisa menikmati sensasi bermain game online dengan lebih seru.

 

6. Sulit Upgrade Sistem Operasi

Smartphone keluaran lama sering diabaikan oleh produsennya. Tak jarang produsen tidak merilis sistem operasi terbaru untuk smartphone lama Anda. Alhasil performa smartphone menjadi tidak seru lagi. Untuk itu, Anda perlu membeli smartphone baru dengan perangkat lunak yang lebih canggih.

 

7. Produsen Tidak Melayani Service

Banyak produsen yang tidak lagi melayani service untuk smartphone keluaran lama. Hal ini dilatarbelakangi oleh susahnya menemukan spare part yang ada di dalamnya. Meski sangat menyayangi smartphone milik Anda, kondisi tersebut akan membuat Anda kesulitan untuk melakukan service. Itulah sebabnya Anda perlu memakai smartphone baru.

Demikian beberapa faktor yang membuat Anda harus segera mengganti smartphone lama dengan HP Samsung baru.

 Sumber:

  • https://www.idntimes.com/tech/gadget/abraham-herdyanto/6-tanda-smartphone-sudah-harus-ganti-baru/6
  • https://www.hitekno.com/gadget/2020/04/06/164500/5-tanda-ini-tunjukkan-waktu-yang-tepat-untuk-ganti-hp-yang-baru
  • https://jalantikus.com/gadgets/ciri-kamu-harus-ganti-hp-baru/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *