Ini Dia 4 Tips Memilih Aksesoris Rear Bumper Protector

  • Whatsapp

Penciptaan aksesoris selain memberikan tambahan nilai estetika, ternyata juga bisa berfungsi sebagai nilai keamanan. Salah satunya adalah aksesoris berupa rear bumper protector. Penggunaan dari aksesoris ini ditempatkan pada belakang body mobil Anda. Hal ini ditujukan untuk menghindari mobil Anda dari benturan saat mundur atau tabrakan dari mobil lain yang berada di belakang Anda.

1. Ukuran

Anda bisa memesan atau membeli aksesoris ini sesuai ukuran mobil Anda. Pastikan aksesoris ini tidak terlalu besar atau kecil. Selain itu, pastikan juga panjang atau pendek serta bobotnya tidak berlebihan. Anda bisa memesan pada bengkel dan membeli sesuai dengan jenis mobil Anda. Biasanya setiap merek mobil, terdapat aksesoris yang menyertainya.

2. Jenis

Anda bisa memilih aksesoris ini dengan jenis karet Polyurethane (PU). Pemakaian dari jenis karet ini pada mobil Anda bisa bertahan mencapai 5 tahun dari masa pemasangan. Keunggulan lain dari bahan jenis selain masa pemakaiannya, karet PU ini juga terbilang tidak mudah rusak, patah, pecah atau retak seperti rear bumper yang terbuat dari campuran plastik atau polymer.

Biasanya aksesoris ini berwarna hitam dan sedikit mengandung warna merah. Ada juga produk yang tidak hanya memiliki bahan karet PU. Namun, di dalamnya juga ada pelapis besi yang diproses dengan PU, sehingga bahan ini menjadi lebih kuat. Ada juga bengkel atau penjual yang juga menyediakan bracketnya, jadi tinggal pasang atau istilahnya plug and play (PnP).

3. Harga

Biasanya, harga produk buatan luar negeri dengan buatan dalam negeri sedikit berbeda. Setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Terkait inilah harga juga turut menyertai. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mengecek langsung pada bengkel atau pada toko daring (online shop) sebagai referensi harga Anda. Harga aksesoris yang juga bisa memberikan perlindungan ini kebanyakan berharga sekitar Rp200.000,- sampai dengan harga Rp1.000.000,- tergantung dari produknya.

4. Perawatan

Jika Anda ingin memilih aksesoris ini, pastikan juga mengenai perawatannya. Cara merawat aksesoris ini agar tahan lama adalah tidak menggunakan bahan deterjen saat Anda membersihkannya. Hal ini dikarenakan di dalam deterjen terdapat kandungan unsur kimia soda. Unsur ini dapat membuat warna aksesoris ini cepat memudar dan membuat karet PU cepat keropos. Anda bisa menggunakan silikon cair sebagai penggantinya.

Itulah beberapa tips dalam memilih rear bumper protector yang pas dengan mobil Anda. Pastikan Anda bisa memenuhi unsur tadi agar aksesoris ini berfungsi dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *