Hindari Hal Ini Saat Ingin Medical Check Up

Medical check up atau pemeriksaan kesehatan merupakan kegiatan yang perlu dilakukan secara rutin untuk mengetahui keadaan kesehatan diri kita. Terkadang penyakit tertentu tidak bisa dirasakan atau bahkan tidak ada ciri-cirinya, namun akan muncul secara tiba-tiba. Itu lah pentingnya melakukan pemeriksaan medical check up lengkap. Selain berguna untuk mengetahui kondisi kesehatan, kini medical check up menjadi syarat wajib di beberapa perusahaan saat proses rekrut karyawan. Adapun jenis-jenis medical check up yang umumnya dilakukan yaitu pemeriksaan tekanan darah, tingkat kolesterol, kadar gula darah, kesehatan mata, hingga pemeriksaan gigi. Nah, agar berjalan dengan lancar, di bawah ini merupakan hal-hal yang perlu Anda hindari sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan.

1. Minum kopi

Saat pemeriksaan awal, dokter melakukan tes tekanan darah dan berat badan Anda. Kopi dan jenis minuman-minuman berkafein akan membuat tekanan darah Anda meningkat sehingga hasilnya menjadi tidak tepat. Mengkonsumsi kafein terlalu banyak, dapat merangsang kelenjar adrenal. Kelenjar ini melepaskan adrenalin lebih banyak yang menyebabkan tekanan darah meningkat. Anda pun akan merasakan jantung berdebar sesaat setelah minum kopi atau kafein.

Read More

2. Begadang atau tidur hanya sebentar

Selain mengkonsumsi kopi, begadang atau kurang tidur dapat menyebabkan perubahan pada tekanan darah. Selain itu, kurang tidur mengurangi rasa rileks dan jantung berdebar sehingga hasil pemeriksaan menjadi tidak akurat. Sebaiknya, tidur yang cukup pada malam sebelumnya, setidaknya tidur selama 7 jam. Dengan tidur yang cukup, level hormon stres menurun dan sistem saraf serta tekanan darah menjadi normal kembali. Agar kualitas tidur lebih baik, hindari melakukan aktivitas berat dan hindari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein.

3. Memakai deodorant sebelum mammografi

Mammografi atau pemeriksaan dini kanker payudara merupakan salah satu rangkaian pemeriksaan kesehatan. Tes mammografi menggunakan sinar rontgen dosis rendah untuk mendeteksi lebih dini kemungkinan adanya kanker payudara. Sebelum mammografi, terdapat beberapa hal yang perlu dihindari, seperti memakai deodorant, parfum, bedak, dan losion. Ini disebabkan karena pada produk tersebut mengandung partikel zat asing atau logam yang menyebabkan munculnya bintik-bintik putih ketika dirontgen. Hasil rontgen yang seperti itu akan membingungkan dokter ketika membacakan hasilnya.

4. Konsumsi obat-obatan

Dalam pemeriksaan kesehatan, terdapat tes urine. Urine Anda akan diperiksa untuk mengetahui zat-zat apa saja yang terkandung di dalamnya. Apabila Anda mengkonsumsi obat-obatan, akan berpengaruh pada hasil tes urine tersebut. Selain mengkonsumsi obat-obatan, mengkonsumsi alkohol juga akan berpengaruh pada hasil tes kesehatan Anda.

Satu hal lagi yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan lengkap adalah memilih rumah sakit yang tepat. Salah satu rumah sakit yang dapat Anda pilih dan memakai teknologi terkini untuk pemeriksaan medical check up lengkap yaitu RS Pondok Indah Jakarta seperti yang bisa Anda cek pada laman berikut ini: https://www.rspondokindah.co.id/id/facilities-services/executive-health-check-up. Selamat mencoba!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.