Cara Reproduksi Perkembangbiakan Tanaman Bawang Merah, Putih Dll

  • Whatsapp

Dalam pelajaran sekolah dasar akan diajari nanti mengenai proses perkembangbiakan bawang merah ini. Sebenarnya baik bawang merah dan putih kemudian jenis jenis bawang lainya memiliki cara reproduksi yang sama.

Read More

Tentu saja terlepas dari banyaknya manfaat bawang merah baik untuk bumbu dapur, kemudian untuk kesehatan juga maka kita juga harus paham bagaimana model perkembang biakanya sehingga kalau misalkan ingin menanam di rumah sudah paham dan mudah tumbuh dengan subur.

Tanaman bawang merah sendiri dari sisi pemeliharan mulai dari penanaman sampai dengan besar dan bisa diambil tunas sampai dengan daun dan batangnya tidaklah sulit. Ini jenis tanaman yang sangat mudah untuk diperbanyak.

Nah berikut kami share mengenai cara perkembangbiakan tanaman ini. Dimana da dua caranya yakni yang pertama adalah dengan cara vegetatif kemudian yang kedua adalah dengan cara generatif, buat adik adik yang belum paham mari kita bahas satu persatu.

Perkembangbiakkan Secara Vegetatif

Intinya dalam model perkembangbiakan ini dimana bawang sendiri bisa anda tanam langsung dan bisa tumbuh hanya dengan umbinya saja. Misalkan nih di dapur ada banyak bawang merah, nah jika ingin memperbanyak maka sederhana saja ambil satu umbinya kemudian tanam di tanah atau media taman polyback misalkan.

Jika ingin lebih banyak lagi maka begitu seterusnya satu umbi pada bawang merah akan menghasilkan satu tunas tentu saja dan perkembang biakanya sendiri akan sangat cepat, namun kami sarankan jika ingin menanam lebih dari satu tunas maka berikan jarak ya minimal 5cm sehingga pertumbuhanya bagus.

Jika anda ingin hasil yang maksimal dari sisi pertumbuhan dengan menggunakan cara ini, maka tentu saja harus memilih jenis biji yang lebih besar daripada yang lainya sehingga nanti proses tumbuh tunas akan semakin maksimal juga.

Secara Generatif

Kemudian cara pertumbuhan yang kedua adalah dengan cara generatif. Jadi jika ingin menanam bawang ini anda bisa gunakan cara yang mana saja.

Perbedannya adalah, dalam metode ini menggunakan biji, atau proses pertumbuhan sampai panen berasal dari biji langsung bukan dari tunas. Nah cara inilah yang digunakan banyak petani dalam memperbanyak tanaman bawang.

Dari hasil pertumbuhan sendiri dalam sekala besar tentu saja metode perekembang biakan dengan cara ini akan lebih kami rekomendasikan. Dimana kelebihanya adalah akan sangat irit biaya. Dimana anda hanya butuh biji yang ukuranya sangat kecil sekali dimana biji ini dihasilkan oleh bunga pada tanaman bawang tersebut.

Maka dari itu, para petani bawang sendiri melakukan cara penanaman yang kedua ini. Kalau dalam sekala rumahan atau dalam hal menghiasi pekarangan maka tidak masalah menggunakan cara perkembangbiakan yang pertama yakni menggunakan tunas langsung.

Oke itulah ulasan ringkas mengenai metode perkembangbiakan pada tanaman bawang semua jenis tentu saja ini akan sangat mudah dipahami.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *