4 Tips Merawat Touchscreen Smartphone Agar Bisa Lebih Awet

  • Whatsapp

4-tips-merawat-touchscreen-smartphone-agar-bisa-lebih-awet

Smartphone merupakan barang yang sangat dibutuhkan untuk menjalani berbagai kegiatan dan aktivitas sehari hari. Berbagai tipe smartphone seperti iPhone 7 dan berbagai smartphone lain umumnya telah menggunakan fitur touchscreen sehingga lebih mudah dan praktis untuk Anda gunakan. Namun touchscreen yang ada pada layar smartphone ini juga harus Anda rawat agar bisa lebih awet dan bisa tetap berjalan sebagai fungsinya.

Read More

Merawat Touchscreen Smartphone

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa membuat touchscreen smartphone Anda bisa tetap awet dan bisa selalu berfungsi secara maksimal.

1. Menggunakan jari atau jempol

Agar touchscreen smartphone Anda bisa tetap awet, pastikan Anda menyentuh dan menggunakan touchscreen tersebut dengan menggunakan jari atau jempol tangan Anda. Dengan menyentuh layar smartphone dengan menggunakan kulit secara langsung, Anda akan menjaga layar dan touchscreen smartphone agar tidak tergores dan tetap halus jika dibandingkan dengan menggunakan alat bantu lain.

Berbagai smartphone seperti iPhone 7 dan tipetipe smartphone yang lain memang telah didesain khusus agar disentuh dengan menggunakan sentuhan jari. Maka, pastikan Anda tidak menggunakan ujung kuku karena bisa membuat layar Anda tergores, terlebih jika Anda memiliki ujung kuku yang runcing. Hal tersebut berpotensi akan merusak layar.

Maka, sebaiknya Anda rutin mengecek juga ujung kuku jari Anda. Jika jari kuku Anda sudah cukup panjang dan berpotensi menggores layar atau touchscreen smartphone, pastikan Anda segera mengguntingnya.

2. Menjauhkan dari paparan medan magnet dan sinar matahari langsung

Layar ataupun touchscreen smartphone bisa rusak atau terganggu jika terlalu dekat dengan medan magnet yang memiliki kekuatan tinggi, misalnya seperti yang dihasilkan oleh kulkas atau TV. Jika terlalu sering terkena paparan medan magnet yang terlalu kuat seperti ini, lama kelamaan layar smartphone tersebut akan rusak.

Ciri-cirinya adalah ketika gambar yang ditampilkan layar mulai terlihat bengkok dan tidak presisi. Selain itu, bisa saja mulai muncul garis-garis yang mengganggu pada layar. Selain menjauhkan dari medan magnet, jauhkan juga smartphone Anda dari sinar matahari langsung, terutama pada bagian layar atau touchscreen.

Sinar matahari yang terlalu terik akan membuat panel touchscreen menjadi lebih mudah rusak dan terkelupas. Hal tersebut akan membuat respon sentuhan pada layar akan menjadi berkurang sensitivitasnya.

3. Membersihkan layar dengan kain lembut

Layar dan bagian touchscreen yang sering bersentuhan langsung dengan tangan membuatnya akan lebih mudah kotor dan terkena noda. Untuk membersihkan layar yang kotor ini, Anda bisa menggunakan kain dengan tekstur yang lembut. Kain yang bisa Anda gunakan adalah kain dari jenis microfiber yang sering digunakan untuk membersihkan kacamata.

Hindari mengelap layar smartphone dengan kain yang kasar atau tisu karena bisa membuat layar menjadi tergores. Jika noda tersebut tidak bisa hilang dengan kain, maka Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sedikit cairan alkohol yang dituangkan pada kain tersebut. Bersihkan layar mulai dari bagian tengah menuju ke bagian tepi atau sisi seperti halnya ketika Anda membersihkan kacamata.

4. Menggunakan screen protector

Cara lainnya untuk memberi perlindungan lebih pada bagian layar atau touchscreen adalah dengan menggunakan screen protector. Ini akan melindungi bagian touchscreen dari goresan ujung kuku Anda serta membuatnya lebih aman ketika suatu saat terjatuh.

Itulah tips untuk merawat touchscreen atau layar iPhone 7 dan berbagai tipe smartphone lainnya. Semoga tips di atas membantu, ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *