4 Cara Membersihkan Lidah Putih Pada Bayi Dengan Menggunakan Obat Alami

Sisa susu yang menempel di lidah bayi merupakan hal wajar, karena bayi yang baru lahir tentu hanya bergantung pada makanan utama berupa ASI atau susu formula saja. Agar lapisan putihnya tidak menutupi lidah si kecil, Bunda harus memahami cara membersihkan lidah putih pada bayi.

Saat bayi lahir, ada banyak hal yang perlu Bunda pertimbangkan sebagai orang tua baru selain soal pertumbuhan dan perkembangannya. Hal lain yang harus Bunda perhatikan salah satunya yaitu cara membersihkan lidah bayi yang putih.

Read More

Hampir sebagian orang tua jarang memperhatikan bagian lidah bayi mereka. Dan pada kenyataannya, bayi yang kesehatan mulutnya tidak terjaga lebih mudah terserang penyakit akibat risiko infeksi. Biasanya infeksi tersebut berasal dari kuman atau bakteri yang ada di gusinya.

Karena itu, Bunda perlu membersihkan lidah si kecil dalam jangka waktu 3-4 hari. Namun, jika lidah si kecil sudah terlanjur putih, berikut ada 4 cara membersihkan lidah putih pada bayi dengan menggunakan obat alami :

1. Mencuci Tangan Dengan Sabun Antiseptik

Cara membersihkan lidah putih pada bayi yang pertama adalah mencuci bersih tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun antiseptik. Gunakan air hangat dan pastikan tangan Bunda sudah kering sebelum dimasukkan ke dalam mulut bayi.

2. Pastikan Alat Bantu Untuk Membersihkan Steril

Cara membersihkan lidah putih pada bayi yang kedua yaitu memastikan alat bantu yang digunakan bersih. Dan jangan lupa, pastikan kapan si kecil terakhir makan atau minum susu setidaknya 30 menit sebelumnya. Jika kurang dari waktu tersebut, maka tindakan membersihkan mulut bayi bisa mengakibatkan muntah. Setelah yakin, celupkan alat bantu yang akan digunakan ke air hangat.

3. Lilitkan Kain Kasa Pada Jari Telunjukmu

Setelah itu, siapkan peralatan sederhana berupa sepotong kain kasa kemudian lilitkan ke jari telunjuk Bunda. Lalu, celupkan terlebih dahulu jari telunjuk Bunda ke dalam air hangat dan pastikan suhunya sudah benar – benar pas agar tidak membakar lidah bayi.

Cara benar membersihkan lidah bayi yang putih adalah dengan memangku bayi sampai pada posisi yang nyaman.

4. Gosok Perlahan

Setelah mulut si kecil terbuka, letakkan jari Bunda di lidahnya lalu gosok perlahan pada permukaan lidah dengan gaya memutar secara perlahan – lahan. Beri tekanan lembut di lidah si kecil, kemudian tarik ke arah luar perlahan – lahan dan ulangi cara tersebut sekali lagi.

Setelah prosedur membersihkan lidah bayi yang putih sudah selesai, Bunda bisa memijit bayi dengan cara memutar – mutarkan jari di bagian pipi, gusi, atau gigi bayi dengan gerakan lembut. Sebaiknya Bunda melakukan prosedur pembersihan lidah bayi yang putih ini setidaknya satu kali dalam sehari, terutama setelah menyusui. Atau bisa juga enam bulan sekali dengan mengajak si kecil ke dokter gigi.

Disana, si kecil akan diperiksa mulutnya mulai dari kebersihan, kondisi lidah, gusi, hingga pertumbuhan gigi. Sehingga jika ditemukan ada sesuatu yang tidak diinginkan akan cepat terdeteksi.

Kondisi mulut bayi yang mengalami bercak berwarna keputihan biasa disebut juga dengan oral thrust. Kondisi tersebut disebabkan oleh gula. Mengingat si kecil hanya bisa mendapatkan ASI dari sang Ibu, maka sebaiknya Bunda hindari beberapa makanan ini seperti madu, makanan yang diproses, dan membatasi asupan kafein. Adapun makanan yang harus dikonsumsi saat mengalami thrush antara lain sayur – sayuran, minyak kelapa, kayu manis, dan bawang putih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.